5 Bentuk Atap Yang Biasa Digunakan Pada Rumah Modern

Bentuk atap rumah merupakan hal penting dalam mendesain sebuah rumah. Bentuk atap rumah akan mempengaruhi sirkulasi udara di dalam ruangan.

Fungsi utama atap rumah untuk melindungi rumah dari hujan, terik matahari, suhu udara luar dan juga untuk menghambat pergerakan angin. Tetapi berfungsi juga untuk  memperindah tampilan sebuah tempat tinggal.

Oleh sebab tersebut maka pemilihan bentuk dan model atap perlu diperhatikan ketika mendesai suatu rumah agar dapat berfungsi dengan baik sekaligus menambah nilai estetika dari rumah tersebut.

Terdapat beberapa model dan jenis atap rumah, baik dari material, bentuk dan desainnya. Pemilihan model dan jenis atap harus dipertimbangkan secara baik.

Berikut ini beberapa jenis dan model atap yang sering digunakan di Indonesia

1. Atap Pelana

Atap pelana merupakan model atap yang sederhana dan sering diterapkan pada rumah di Indonesia. Model atap pelana sering digunakan untuk rumah dalam perumahan. Bentuk atap pelana dapat dibentuk dari material baja ringan.

Atap pelana memiliki sisi miring sedangkan sisi lainnya berupa dinding segitiga. Atap ini memiliki kemiringan kurang lebih 30 s/d 40 derajat sehingga akan tercipta ruangan di dalam plafon. Kemiringan ini dapat disesuaikan secara menjulang atau landai.

Atap pelana memiliki risiko bocor yang kecil, karena air hujan akan langsung menuju ke bawah, sehingga

air hujan yang mengalir akan menjadi lebih kencang.

2. Atap Limas Atau Perisai

Atap rumah limas atau perisai merupakan penyempurnaan dari bentuk desain atap rumah pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Dua bidang atapnya berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang sama. Desain atap rumah limas memiliki keunggulan di atas desain atap rumah pelana yaitu terlihat lebih artistik.

Desain atap rumah ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan.

3. Atap Datar

Atap rumah datar merupakan desain atap rumah yang paling sederhana dan mudah dibuat. Desain atap rumah ini umumnya diaplikasikan pada rumah dengan gaya minimalis dan juga bangunan bertingkat. Atap ini dibuat dari beton bertulang dan biasanya dibuat miring ke salah satu sisi kecil dengan kemiringan yang cukup, yang fungsinya untuk mengalirkan air hujan.  Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan atap rumah ini adalah memperhitungkan ruang sirkulasi udara di bawahnya supaya suhu ruangan tidak terlalu panas.

Sedangkan kelebihan atap ini adalah bentuknya yang minimalis dan ringkas sehingga akan menciptakan kesan rumah minimalis modern dengan tampilan ringkas dan elegan.

4. Atap Sandar

Atap Sandar biasanya digunakan untuk bangunan seperti selasar atau emperan, tapi saat ini juga digunakan untuk atap rumah atau bangunan utama. Biasanya tepi atas pada desain atap sandar menempel dengan tembok vertikal. Desain atap rumah ini mengalirkan air hanya ke satu tempat saja.

Penggunaan atap sandar menciptakan kesan minimalis modern yang futuristik. Sehingga kebanyakan hunian kontemporer menggunakan atap sandar untuk memberi sentuhan atraktif.

5. Atap Gergaji

Atap gergaji merupakan model atap yang terdiri dari dua bidang atap atau lebih, tetapi bidang-bidang tersebut tidak sama lerengnya sehingga seperti gergaji. Masing-masing bidang memiliki sudut lereng sekitar 30 hingga 60 derajat.

Model atap gergaji biasa digunakan untuk bangunan pabrik, gudang atau bengkel, tetapi saat ini semakin banyak diminati untuk digunakan untuk atap rumah tinggal. Hal tersebut disebabkan bentuk atapnya memiliki perbedaan kemiringan lereng yang bermacam-macam mampu melindungi pekerja dan mesin-mesin pabrik dari sinar matahari langsung.

Demikian artikel mengenai 5 bentuk atap pada rumah modern, semoga bermanfaat!!

Jakprop.com adalah situs pemasaran properti milik Kami sebagai Agen Pemasaran Properti Profesional untuk Area Jakarta dan sekitarnya.

Kami memasarkan berbagai jenis properti baik berupa rumah, tanah, tempat usaha ataupun gedung yang berlokasi di Area Jakarta dan kota-kota di sekitarnya.

Strategi pemasaran Kami merupakan kolaborasi antara penjualan secara offline dan online. Metode pemasaran online yang kami lakukan adalah pemasaran secara masif dengan menggunakan Teknologi Digital, melalui beberapa situs media sosial dan marketplace yang Kami miliki.

Call Now ButtonCALL US
error: Content is protected !!