Biaya yang Harus Dikeluarkan Ketika Anda Tinggal di Apartemen

Di perkotaan besar seperti Jakarta tinggal di apartemen menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang menginginkan kemudahan akses ke berbagai titik. Selain harga yang lebih terjangkau dibanding rumah, apartemen biasanya sudah menyediakan beragam fasilitas yang cukup memadai.

Tentu berbagai fasilitas di apartemen itu tidak diberikan secara gratis. Tapi para penghuni akan dikenakan sejumlah biaya yang jumlahnya beragam, tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pihak pengelola.

Maka bagi Anda yang berniat untuk tinggal di apartemen, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai biaya yang ada dengan baik. Berikut catatan beberapa biaya yang kami kumpulkan:

1. BIAYA LISTRIK DAN AIR
Biaya ini tentu menjadi tagihan rutin bulanan Anda yang besarnya tentu akan sangat tergantung pada jumlah pemakaian di unit Anda. Pada umumnya biaya listrik dan air di apartemen akan jauh lebih mahal dari biaya listrik di rumah biasa. Jumlah biaya ini bahkan bisa saja dua kali lipatnya.

2. BIAYA IPL (IURAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN)
Berbagai fasilitas apartemen akan membebani Anda dengan sejumlah biaya Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), dimana iuran ini untuk biaya pemeliharaan berbagai fasilitas yang ada di apartemen tersebut, seperti kolam renang, taman bermain, jogging track dan fasilitas lainnya.

Pada umumnya pihak pengelola juga akan mempekerjakan sejumlah staf profesional, seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, dan lainnya. Semua biaya gaji dan kebutuhan pengadaan staf ini juga akan dibebankan kepada Anda melalui biaya IPL tersebut. Besar biaya ini juga akan sangat tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pihak pengelola.

3. DANA CADANGAN (SINKING FUND)
Selain biaya IPL Anda juga akan dikenakan sinking fund, yaitu sejumlah biaya yang diterapkan oleh pihak pengalola apartemen untuk membiayai pemeliharaan dan perawatan pada fasilitas-fasilitas tertentu, seperti genset, lift, dan yang lainnya. Besarnya biaya ini juga akan beragam dan tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pihak penglola. Tapi pada umumnya, dana cadangan ini akan mengalami kenaikan setiap tahunnya.

4. BIAYA PARKIR
Untuk penggunaan area parkir di apartemen, Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya parkir setiap bulannya. Jika di rumah Anda bisa parkir dengan mudah dan bebas biaya, maka ketika parkir di apartemen, Anda akan dikenakan sejumlah biaya setiap bulanannya.

5. BIAYA SEWA UNIT
Apabila Anda tinggal di apartemen dengan menyewa, maka setiap bulan Anda harus membayar biaya sewa apartemen sesuai dengan kesepakatan dengan pemiliknya.

Pastikan Anda mengenali berbagai biaya-biaya ini dan menghitungnya dengan baik sejak awal, agar Anda tidak bermasalah dengan tagihan ini nantinya.

Semoga Bermanfaat!

Jakprop.com adalah situs pemasaran properti milik Kami sebagai Agen Pemasaran Properti Profesional untuk Area Jakarta dan sekitarnya.

Kami memasarkan berbagai jenis properti baik berupa rumah, tanah, tempat usaha ataupun gedung yang berlokasi di Area Jakarta dan kota-kota di sekitarnya.

Strategi pemasaran Kami merupakan kolaborasi antara penjualan secara offline dan online. Metode pemasaran online yang kami lakukan adalah pemasaran secara masif dengan menggunakan Teknologi Digital, melalui beberapa situs media sosial dan marketplace yang Kami miliki.

Call Now ButtonCALL US
error: Content is protected !!